Selasa, 08 March 2016 - 10:29:59 WIB
APRESIASI PENDAMPING P2KP TAHUN 2016
Diposting oleh : Bidang PP
Kategori: TERKINI - Dibaca: 2303 kali


Cipayung-Bogor (PKKP), dalam rangka meningkatan pengetahuan, ketrampilan dan pemahaman para pendamping kegiatan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP), Pusat Pengananekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan kembali melaksanakan kegiatan Apresiasi Pendamping P2KP Tahun 2016. Kegiatan Apresiasi Pendamping P2KP Tahun 2016 dilaksanakan pada tanggal 29 Februari – 3 Maret 2016 di Hotel New Ayuda Cipayung, Bogor. 

Pelaksanaan Apresiasi Pendamping P2KP Tahun 2016 dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dibagi dalam tiga gelombang, tahun ini Apresiasi Pendamping P2KP dilaksanakan sekali dan diikuti oleh 161 pendamping dari 142 kabupaten/kota di 20 provinsi penerima manfaat kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Apresiasi Pendamping P2KP merupakan serangkaian kegiatan yang digunakan untuk mempersiapkan pendamping baik di tingkat kabupaten/kota sebagai koordinator pendamping, maupun di setiap desa KRPL sebagai  pendamping kelompok KRPL dengan memberikan pembekalan dan wawasan, pengetahuan, pemahaman, dan penyamaan persepsi tentang berbagai aspek penganekaragaman konsumsi pangan serta meningkatkan kemampuan bagi aparat dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendamping kegiatan KRPL di masyarakat. 

Apresiasi Pendamping P2KP Tahun 2016 dibuka oleh Kepala Pusat PKKP, Ir. Sri Sulihanti, M.Sc. dalam sambutannya beliau menyampaikan “Keberagaman ilmu yang diperoleh pada kegiatan ini diharapkan dapat membuka dan memperkaya wawasan serta meningkatkan keterampilan seluruh peserta dalam melaksanakan Kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di lapangan”. Lebih lanjut ditambahkan, bahwa penekanan materi apresiasi tidak hanya berorientasi pada aplikasi penerapan from farm to table tetapi juga from farm to market. Artinya tidak hanya sebatas untuk pemenuhan konsumsi pangan keluarga tetapi juga memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga. Selain itu juga, apresiasi ini tidak hanya menitikberatkan pada aspek budidaya, akan tetapi aspek pemenuhan gizi seimbang menjadi perhatian dalam mendorong P2KP. 

Kepala pusat PKKP juga mengharapkan agar seluruh pendamping P2KP di tingkat kabupaten/kota yang hadir pada apresiasi ini dapat berpartisipasi secara aktif dalam berbagai hal yang terkait dengan pelaksanaan P2KP di lapangan dan dapat mentransfer kembali ilmu yang diperoleh pada saat apresiasi kepada seluruh pendamping P2KP di desa. Hal ini penting karena Pendamping P2KP di desa merupakan ujung tombak keberhasilan implementasi P2KP sebagai fasilitator dan penyedia input intelektual di lapangan. 

Dalam pelaksanaannya, selain pemberian materi dalam kelas, Apresiasi Pendamping P2KP juga melakukan kunjungan dan praktek lapang ke BPTP DKI Jakarta serta Farm-165 Depok. Kegiatan di BPTP DKI Jakarta peserta dapat melihat dan mempelajari serta praktek berbagai teknologi terbaru yang dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan KRPL di kelompok, sedangkan di Farm-165 peserta diperkenalkan tentang teknologi budidaya ikan lele dengan metode biofloc 165 dan hasil olahan pangan berbasis ikan lele. 

Tujuan Kegiatan Apresiasi ini antara lain adalah :

1.   Meningkatkan kemampuan pendamping P2KP dalam menggali, menganalisis kebutuhan dan permasalahan di lapangan serta mengupayakan pemecahannya, dengan memanfaatkan sumber/potensi yang ada dalam mendukung pelaksanaan Gerakan P2KP

2.  Meningkatkan kemampuan Pendamping P2KP dalam memandu dan membina kelompok,  serta

3.  Merumuskan materi pelatihan yang akan digunakan pada pelatihan kepada pendamping P2KP di desa.

 

 

 





Komentar :






Isi Komentar :



Nama
Website
Komentar
 
 
(Masukkan 6 kode diatas)