Rabu, 16 December 2015 - 16:12:29 WIB
PAMERAN PADA HARI PANGAN SEDUNIA KE 35
Diposting oleh : Bidang PP
Kategori: TERKINI - Dibaca: 2311 kali


Palembang, Oktober 2015. Seperti biasa, agenda tahunan Kementerian Pertanian pada bulan Oktober adalah penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia, yang kali ke 35 ini diselenggarakan di Kota Palembang Sumatera Selatan sejak tanggal 17 – 20 Oktober 2015 di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC). Selaras  dengan  tema  HPS  Internasional “Social  Protection  and Agriculture: Breaking the  Cycle  of  Rural  Poverty”,  maka  tema  HPS  tingkat  Nasional  ditetapkan “Pemberdayaan  Petani  Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan”. 

 

Pembukaan pameran oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian, dalam sambutannya disampaikan rangkaian  kegiatan  HPS  Ke-XXXV  Tahun  2015  meliputi kegiatan:  Acara  Puncak (pembukaan) dan Kunjungan  Kerja,  Pameran,  Gelar  Teknologi,  Perlombaan,  Tour  Diplomatik,  dan Pemberdayaan Masyarakat.

 

Badan Ketahanan Pangan melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan turut berpartisipasi pada kegiatan Pameran. Selama pameran dibagikan berbagai hadiah dan souvenir menarik seperti kaos, tas, buku, leaflet/brosur, dll. Stan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menyatu dengan pavilliun Kementerian Pertanian. Pada pameran juga ditampilkan aneka icip-icip berupa sarapan sehat B2SA berupa mie goreng berbahan mie sayur mocaf, aneka jus buah, aneka kue dari pangan lokal berbahan tepung talas, tepung ganyong, tepung mocaf, tepung jagung, tepung jalejo (jagung, kedelai, kacang hijau), dan tepung hotong/sorghum.

 

Terdapat juga stan yang menampilkan contoh pemanfaatan pekarangan sebagai rumah pangan lestari, dimana terdapat aneka sumber pangan yang ditanam dan dikembangkan di pekarangan rumah, seperti: aneka tanaman sayuran (kubis, terong, bayam, kangkung, sawi, cabe, tomat, dan selada), aneka buah (jeruk, mangga, lengkeng), dan miniatur kolam ikan berisi ikan nila dan mas sebagi sumber pangan hewani keluarga. Maksud dari menampilkan stan ini adalah sebagai percontohan dan bahan inspirasi bagi masyarakat yang berkunjung ke pameran untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan pekarangannya sebagai sumber pangan keluarga.

 

Respon masyarakat Palembang cukup bagus dan antusias dalam menghadiri pameran ini, terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke stan, terutama dari sekolah – sekolah, pegawai pemerintah, swasta, universitas, dan masyarakat umum di sekitar lokasi kompleks Jakabaring.





Komentar :






Isi Komentar :



Nama
Website
Komentar
 
 
(Masukkan 6 kode diatas)