Rabu, 16 December 2015 - 15:15:00 WIB
PAMERAN PANGAN LOKAL PADA GELAR PANGAN NUSANTARA
Diposting oleh : Bidang PP
Kategori: TERKINI - Dibaca: 6255 kali


Padang, September 2015. Pameran pada acara Gelar Pangan Nusantara berlangsung selama empat hari, sejak tanggal 15 – 18 September 2015. Pameran menampilkan aneka ragam pangan segar dan olahan yang berasal dari sumber daya lokal di seluruh penjuru Nusantara, serta hasil pemberdayaan masyarakat terkait upaya penganekaragaman pangan di daerah, melalui program Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal (MP3L). Melibatkan seluruh badan/kantor/instansi yang menangani ketahanan pangan di 28 provinsi, SKPD,  dan seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat, serta pemerhati pangan lokal dan peserta lain yang terkait dan mendukung pengembangan pangan lokal.

 

Selama pameran seringkali diselenggarakan aneka games, baik di Paviliun Kementan, khususnya stan BKP maupun di stan lain, seperti dari Balai Wilayah Sungai Kementerian PU yang membagikan berbagai hadiah dan souvenir menarik seperti HP, kaos, tas, buku, dll. Bahkan ada games ‘memburu harta karun’yang diselenggarakan oleh EO (PT. Expotama) selaku penyelenggara. Terdapat juga wisata edukasi, yang menghadirkan anak-anak dari berbagai sekolah di Kota Padang yang dating untuk menyaksikan pameran Gelar Pangan Nusantara.

 

Stan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menyatu dengan pavilliun Kementerian Pertanian yang terdiri dari Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh BPTP Sumatera Barat dan Balai Penelitian Sayuran dari Kota Solok, serta Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. Pada pameran ditampilkan aneka icip-icip berupa nasi goreng pisang, aneka jus buah, aneka kue dari pangan lokal, contoh menu b2sa yang terdiri dari nasi jagung dan aneka lauk pauk, sayur, dan buah.

 

Setiap daerah juga menampilkan aneka pangan lokal unggulan dan andalan daerahnya masing-masing, seperti Banten menampilkan aneka olahan dari talas beneng, Jawa Barat dengan lapis legit ganyong, Kalimantan Selatan menampilkan ekor-ekor (sejenis tanaman seperti gandum) yang dibuat menjadi bubur sijale-jale, Jambi menampilkan aneka olahan buah naga, Bangka Belitung menampilkan aneka olahan dari tepung lengkir, Sumatera Selatan menampilkan berbagai penganan khas seperti sup krim jagung, kue angkak, beras jagung, dll.

 

Selain pameran, terdapat juga bazaar pangan murah yang menampilkan contoh Toko Tani Indonesia (TTI) yang merupakan bentuk dari kepedulian Kementerian Pertanian terhadap petani.





Komentar :






Isi Komentar :



Nama
Website
Komentar
 
 
(Masukkan 6 kode diatas)